COVID-19 Berdampak Positif di Dunia Pendidikan?

COVID-19 belum menunjukkan tanda-tanda akan segera berakhir. Penyebaran virus ini sangat pesat dan memakan banyak korban, sehingga memaksa setiap orang untuk menghentikan berbagai aktivitas yang sifatnya mengumpulkan banyak orang.

Keberadaan virus ini, juga mengubah dunia Pendidikan. Proses pembelajaran yang biasanya dilakukan di dalam kelas, memaksa harus berlangsung secara daring. Guru-guru dituntut untuk dapat menghadirkan proses pembelajaran yang efektif walaupun dilaksanakan dari rumah.

Walaupun demikian, ternyata adanya pandemi COVID-19 ini juga membawa pengaruh positif, khususnya di dunia pendidikan. Berikut dampak positif dari COVID-19 di dunia pendidikan.

 

1. Guru jadi lebih mengenal dan melek teknologi

Tidak bisa dipungkiri, bahwa proses pembelajaran ditengah pandemi harus dilaksanakan melalui metode daring. Sehingga penggunaan perangkat-perangkat teknologi menjadi sangat dibutuhkan. Di masa pandemi ini banyak sekali pelatihan-pelatihan untuk guru dengan tujuan memberikan bimbingan agar dapat menentukan metode pembelajaran yang dapat diterapkan di masa pandemi, yang tentu saja berbasis teknologi.

Salah satunya Salah satunya seperti yang dilakukan oleh MTs Negeri 1 Balikpapan, yang bermitra Tanoto Foundation berinisiasi membuat portal secara mandiri untuk melangsungkan pembelajaran tingkat MTs. Selain itu, Tanoto Foundation bekerja sama dengan sekolah-sekolah juga rutin melaksanakan pelatihan-pelatihan yang dapat memberikan wawasan tentang penggunaan teknologi dalam pembelajaran. 

 

2. Peranan orangtua dalam proses pembelajaran

roses pembelajaran yang dilaksanakan di rumah membuat peranan orangtua menjadi sangat penting dalam mendukung suksesnya proses pembelajaran. Sebelum adanya pandemi COVID-19, proses pembelajaran yang terjadi disekolah hanya menghasilkan interaksi antara guru dan siswa. Sementara orangtua siswa, hanya mendapatkan laporan, baik dari guru maupun dari anaknya sendiri.

Sedangkan di masa pandemi COVID-19, orangtua bisa melihat dan mendampingi secara langsung proses pembelajaran, karena dilaksanakan dari rumah. Peranan orangtua sangat penting untuk mewujudkan proses pembelajaran yang efektif bagi siswa.

 

3. Media pembelajaran yang bervariasi

Untuk mendukung proses pembelajaran daring, guru dituntut untuk dapat menghadirkan sebuah media pembelajaran yang dapat menunjang proses pembelajaran. Saat ini, banyak bermunculan media-media online yang bisa digunakan untuk pembelajaran, dan tentu saja sangat membantu guru dalam menghadirkan media pembelajaran yang lebih menarik.

 

sumber: https://www.idntimes.com/life/education/kelas-daring/dampak-positif-covid-19-di-dunia-pendidikan-c1c2-1/4